Thursday, May 1, 2014

Planet Uranus



Planet Uranus
Uranus adalah planet pertama yang ditemukan pada zamanmodern. Walaupun terlihat dengan mata telanjang dari bumi, planet ini tidakdikenali hingga tanggal 3 maret 1781. Penemu Uranus adalah Sir William Herschel. Saturnus merupakan planet ke-7 dari matahari dan terbesar ke-3 dalamtata surya kita. Seperti planet raksasa yang alin, Uranus juga memiliki cincin,medan magnet, dan banyak satelit. Kecepatan angin bergerak sekitar 250 m/s.Uranus memiliki cincin yang lemah dengan diameter hanya puluhan meter.
Uranus memiliki 27 buah satelit. Lima buah satelitnya yang terkenal adalah Miranda, Ariel, UMbriel, Titania dan Oberon. Satelit terbesar Uranus, Titania memiliki radius hanya 788,9 km (setengah dari radius bulan). Ariel terkenal sebagai satelit yang memancarkan warna hijau. Satelit tersebut terbuat dari es, termasuk ammonia dan karbondioksida.
Uranus mengelilingi matahari setiap 84 tahun bumi. Jaraknya kemata hari sekitar 3 milyar km. massa Uranus adalah 14,5 kali massa bumi, dengan kepadatan sekitar 1,29 gr/cm kubik. Komposisi Uranus adalah es, air, metana dan ammonia. Uranus memiliki 3 lapisan yaitu inti Uranus (berupa batu), lapisan mantel (berupa es), dan lapisan luar (berupa gas hydrogen dan helium).
Atmosfer Uranus dibagi menjadi 3 lapisan yakni :
1.      Troposfer
Membentang antara -300 dan 50 km diatas garis lintang planet. Suhunya sekitar 320 K. lapisan ini mengandung awan air awan ammonium hidrosulfida, awan hydrogen sulfide, awan metana. Troposfer memiliki angin yang berhembus kencang, awan yang cerah, dan pergantian musim.
2.      Stratosfer
Membentang antara 50 dan 4000 km diatas garis lintang planet. Suhunya berkisar antara 53-850 K. lapisan ini panas karena menyerap sinar UV matahari. Stratosfer mengandung metana, hidrokarbon, karbondioksida, dan air.
3.      Thermosfer / corona
Membentang dari 4000-50.000 km dari permukaan planet. Suhunya mencapai 800-850 K. lapisan ini banya mengandung atom hydrogen.


0 komentar

Post a Comment