Wednesday, April 23, 2014

Samudera Pasifik

Samudra pasifik , yang berasal dari bahasa latin mare pasifcum berarti laut damai, adalah bagian samudra terluas yang ada di bumi ini. Samudra ini membentang dari Artik hingga ke Antartika, di batasi oleh Benua Asia dan Australia di sebelah barat., dan Amerika di sebelah timur. Samudra ini memiliki luas 169,2 juta km dipenuhi oleh 46% permukaan air laut bumi.
Garis katulistiwa membagi samudra pasifik menjadi samudra passifik utara dan samudra pasifik selatan. Titik terendah dari samudra pasifik adalah palung laut Mariana di pasifik utara bagian barat dengan tingkat kedalaman 10.911 m.
Suhu air pada samudra pasifik bervariasi dari suhu yang sangat dingin hingga 25-30 derajat selsius (C).  air di dekat garis katulistiwa mengandung lebih sedikit garam dibandingkan dengan air di bagian yang lain. Samudra pasifik terkenal lebih hangat dibandingkan dengan samudra Atlantik. Sirkulasi air samudra pasifik searah jarum jam di belahan bumi bagian utara dan berlawanan arah jarum jam di belahan bumi bagian selatan.
Samudra pasifik dikelilingi oleh gunung api dan palung laut. Daratan paling luas di dalam samudra ini adalah pulau New Guinea (pulau terbesar kedua di dunia). Pulau pulau kecil di samudara passifik antara lain, pulau Archipelago, Fiji, New Caledonia, Solomon, Vanuatu, kepulauan Carolina, Marshall, Micronesia, Mariana dan lain lain. Pulau ini mempunyai 4 jenis dataran yakni kepulauan benua, kepulauan tinggi, kepulauan karang, dan pulau tebing. Kebanyakan dari pulau pulau disamudra pasifik memiliki gunung berapi yang aktif, seperti di Bouganville, Hawai dan Solomon.
Samudra pasifik dilihat pertama kali oleh orang Eropa pada abad ke-16 oeh penjelajah dari Spanyol, bernama Vasco Nunez de Balboa pada tahun 1513. Ia menyebrangi Isthmus di Panama. Kemudian, Ferdinand Magellan yang menjelajahi samudra pasifik tanpa kompas pada tahun 1519-1522. Pada abad ke-17, Abel Janszoon Tasman dari Belanda menemukan Tasmania dan New Zealand pada tahun 1642. Pada abad ke-18, bangsa Rusia menjelajahi hingga ke Alaska dan kepulauanAleutian.

Aset besar  dari samudra pasifik adalah ikan, terutama ikan pedang, ikan hering, salmon, sardine, tuna, dan karang. Sementara itu , daerah lebih dangkal dekat pantai Australia dan New Zealand, petroleum dan gas alam diekstrak.

0 komentar

Post a Comment