Wednesday, April 30, 2014

Planet Saturnus



Planet saturnus
Saturnus adalah planet ke-6 dari matahari dan merupakan planet terbesar kedua dalam tata surya setelah Jupiter. BersamaJupiter , Uranus dan Neptunus, saturnus dikelompokan sebagai planet gasraksasa. Saturnus dibangun oleh 93,2% hydrogen dan 6,7% helium. Bagian dalam planet ini terdiri dari inti kecil berupa batu dan es, yang dikelilingi oleh lapisan hydrogen logam dan gas tebal sebagai lapisan luarnya. Angin berhembus dengan kecepatan 1800 km/jam. Saturnus memiliki medan magnet yang lebih kuat kea rah Jupiter. Cincin Saturnus terdiri dari partikel-partikel es dengan sejumlah kecil pecahan batu dan debu. Saturnus mempunyai 6 buah satelit, dengan satelit terbesarnya bernama Titan (satelit terbesar ke-2 dalam tata suryas), yang lebih besar dari pada planet  mercurius, sekaligus satu-satunya satelit yang memiliki atmosfer di tata surya kita.
Saturnus berbentuk spheroid, yaitu menggembung pada garis lintangnya,namun datar pada ke-2 kutubnya.kepadatan planet saturnus rata-rata 0,69 gr/ cm kubik. Massanya 95 kali massa bumi. Inti saturnus memiliki 9 sampai 22 kali massa bumi, dengan suhu mencapai 11.700°C dan meradiaksikan 2,5 kali lebih besar energy ke angkasa dari pada energy yang diterimanya dari matahari.
Atmosfer bawah membentang sepanjang 10 km dengan suhu -23°C, merupakan lapisan yang terbuat dari air es. Setelah itu, terdapat lapisan esamonium hidrosulfida sepanjang 50 km dengan suhu -93 °C. fenomena unik yang terjadi di saturnus adalah adanya bintik putih besar (badai seperti awan putih yang terjadi tiap 1 tahun saturnus atau 30 tahun bumi), yang terekam pada tahun 1990. Jadi badai ini akan terlihat lagi pada tahun 2020. Berdasarkan foto pesawat ruang angkasa Cassini, belahan saturnus bagian utara tampak berwarna biru cerah.
Rata tata suhu planet saturnus adalah -185°C. jarak antara saturnus ke matahari adalah 1400 juta km dengan kecepatan mengorbit selama 9,69 km/ detik. Cincin saturnus pertama kali diamati oleh Galileo Galilei pada tahun 1610. Cincin ini membentang dari6.630 km sampai 120.700 km di atas garis lintang saturnus, dengan ketebalan 1 km. cincin ini terdiri dari 93 % air es dan 7 % karbon yang tidak stabil.
Saturnus memiliki banyak satelit. Hingga tahun 2007, tercatat ada sekitar 60 buah satelit yang mengelilingi saturnus, namun hanya 7 buah satelit yang cukup besar. Satelit-satelitnya yang tewrkenal antara lain Titan, Dione,Prometheus, dan Telesto. Titan adalah satelit raksasa yang mempunyai atmosfer. Saturnus dikunjungi pertama kali oleh Pioneer 11 pada tahun 1979.

0 komentar

Post a Comment