Monday, May 12, 2014

planet Mars

Mars
Mars adalah planet keempat dari matahari dan merupakanplanet terbesar ke-7 diantara planet-planet yang ada dalam tata surya. Panjangorbit mars terhadap matahari adalah 227.940.000 km dan beratnya sekitar 6.421 X10 pangkat 23 kg. Mars adalah satu-satunya planet yang diyakini sebagai planetyang cocok untuk tempat tinggal manusia di masa depan.
Suhu Mars berkisar antara 218 K (-55 C) pada titik kutubnya dan 140 K (-133 C) pada permikaannya saaat musim dingin, serta 27 ° C saat musim panas. Permukaan Mars berupa relief seperti lembah, tebing, bukit dan dataran tinggi. Belahan Mars bagian selatan hampir sama seperti bulan yakni berkerut-kerut dan tua. Sementara itu, dibelahan bagian utara, banyak terdapat dataran muda. Komposisi mars adalahbijih padat setebal 1700 km dan mantel batuan yang meleleh, lebih padat di bandingkan bumi. Kulit Mars di bagian selatan memiliki tebal 80 km, sementara dibagian utara hanya setebal 35 km.
Mars mempunyai daratan yang bervariasi dalam ketinggiannya , antara lain :
1)      Olympus Mons adalah gunung tertinggi dalam tata surya dengan ketinggian 24 km di atas permukaan planet. Dasar gunung ini berdiameter lebih dari 500 km dan dihiasi oleh tebing setinggi 6 km.
2)      Tharsis yaity dataran gembung  besar selebar 4000 km dengan ketinggian 10 km.
3)      Danau Marineris yaitu lembah besar  selebar 4000 km dengan kedalaman sekitar 2-7 km.
4)      Hellas Planitia yaitu cekungan akibat benturan besar sedalam 6 km dan seluas 2000 km pada diameternya. Pengamatan dengan teleskop menunjukan adanya tudung es permanen pada kedua kutub mars. Es ini dapat dilihat dengan teleskop secara jelas.
Ada fakta yang jelas menunjukan bahwa pernah terjadi erosi di mars termasuk banjur bandang dan system sungai. Mars memiliki beberapa buah danau besar dan samudera. Terusan-terusan hasil erosi di mars telah berumur 4 milyar tahun. Foto mars pada tahun 2005 menunjukan adanya laut beku yang mencair baru-baru ini. Zaman dahulu, mars lebih mirip dengan bumi, namun tidak seperti bumi yang menggunakan karbondioksida sebagai batuan karbonat, mars tidak bisa mendaur ulang gas ini kembali ke atmosfer dan tidak dapat bertahan dari efek rumah kaca. Planet yang lebih tua dari bumi inimemiliki lapisan atmosfer yang sangat tipis, terbuat dari karbondioksia (95,3%), nitrogen (2,7%), argon (1,6%), oksigen (0,15%), dan air (0,03%). Saat ini, atmosfer mars sudah jauh lebih dingin dan kerimg.

Namun para ilmuwan kini mulai yakin bahwa tidak ada kehidupan di mars. Kapal ruang angkasa yang pertama mengunjungi mars adalah Mariner 4 pada tahun 1965. Mars memiliki 2 buah satelit kecil yang ikut mengorbit bersama-sama dengan mars melintasi matahari. Dua buah satelit mars adalah Phobos dan Deimos.

0 komentar

Post a Comment