Monday, May 5, 2014

planet Venus

Planet Venus
Venus adalah planet kedua dari matahari dan merupakanplanet terbesar ke-6 dalam tata surya. Jarak orbit Venus dari matahari adalah108.200.000 km. diameter planet ini adalah 12.103,6 km dengan massa sekitar4.869 X 10Ù24 kg.
Venus adalah obyek paling terang dari bumi setelah matahari dan bulan, serta sering dikenal sebagai bintang kejora saat muncul disebelah timur bersamaan dengan terbitnya matahari. Rotasi venus sangat lambat yakni satu hari di Venus sama dengan 243 hari di bumi. Venus sering dikatakan sebagai adik bumi karena memiliki banyak kesamaan yaitu Venus sedikit lebih kecil dari bumi, sama-sama memiliki kerak atau kulit, serta kepadatan dan komposisi kimia yang mereka hampir sama. Namaun setelah diteliti lebih lanjut, ternyata Venus sangat berbeda dengan bumi.
Atmosfer Venus terdiri dari karbondioksida. Ada banyak lapisan awan yang sangat tebal mengandung asam belerang pada permukaan planet.

Awan ini menghalangi pandangan kita ke permukaan planet Venus. Atmosfer pada permukaan Venus menghasilkan efek rumah kaca yang lolos sehingga menaikan suhu permukaan Venus hingga 400-740 K. angin kencang selalu bertiup di bagian atas awan dengan kecepatan 350 km/jam. Diyakini bahwa Vwenus dulu pernah memiliki jumlah air yang sama seperti di bumi, namun semuanya mendidih sehingga sekarang habis menguap. Kebanyakan dari permukaan venus adalah berupa larva yang mengalir. Ada beberapa pegunungan berapi di venus misalnya Sif Mons yang masih aktif. Bagian dalam Venus hampir sama seperti bumi, yakni terdiri dari bijih besi setebal 3000 km dan mantel yang meleleh. Venus tidak memiliki satelit. Venus dapat dilihat dengan mata telanjang sehingga sering disebut bintang pagi dan bintang sore. Pesawat ruang angkasa pertama yang mengunjungi Venus adalah Mariner 2 pada tahun 1962.

0 komentar

Post a Comment