Tuesday, May 6, 2014

planet Merkurius

Planet Merkurius
Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari dan sekaligus terbesar ke-8 diantara planet dalam tata surya . jarak lintasan orbitnya ke matahari 57.910.000 km. merkurius mempunyai diameter 4.880 km dengan bobot 3,30 X  kg. merkurius juga disebut bintang pagi atau bintang fajar atau bintang sore.
Suhu planet merkurius sangat ekstrim dan bervariasi antara 90-700 K. suhu pada venus lebih tinggi daripada merkurius, namun stabil. Permukaan merkurius mirip dengan bulan, yaitu berkerut kerut dan sangat tua. Planet ini tidak memiliki lempeng tektonik dan lebih padat dari pada bulan dengan kepadatan sekitar 5,43gr/ . merkurius adalah planet yang terpadat setelah bumi. Bagian dalam merkurius terdiri dari  bijih besi yang besar dengan radius 1800-1900 km. kerak luar planet ini mempunyai tebal 500-600 km. sebenarnya merkurius memiliki lapisan atmosfer yang sangat tipis dan dibangun oleh atom-atom yang dipecah-pecah oleh angin matahari. Karena merkurius sangat panas, maka atom-atom tersebut cepat lepas ke ruang angkasa. Medan magnet merkurius adalah 1% kuat medan magnet bumi.  Dan planet ini tidak mempunyai satelit.
Satu dari penampakan  pada permukaan merkurius yang terbesar adalah caloris basin, yang berdiameter sekitar 1300 km. caloris basin mungkin bekas tumbukan suatu zaat zaman sejarah  pembentukan tata surya.

Planet merkurius ini pernah dikunjungi oleh 1 pesawat ruang angkasa saja  yakni mariner 10, sebanyak 3 kali pada tahun 1974dan 1975. Hanya 45 % dari permukaan merkurius dapat direkam karena sangat berbahaya mengingat merkurius  berada sangat dekat dengan matahari. Misi kkunjungan terakhir ke merkurius dilakukan oleh pesawat ruang angkasa messenger yang diluncurkan oleh NASA pada tahun 2004 dan akan mengitari merkurius  mulai tahun 2011 setelah melakukan jalan-jalan di ruang angkasa.

0 komentar

Post a Comment