Saturday, May 17, 2014

planet Neptunus di tahun 2014



Planet neptunus
Neptunus asalah planet ke-8 dan sekaligus terjauh dari matahari. Neptunus merupakan planet terbesar ke-4 dalam tata surya, dengan bobot 17 kali massa bumi. Planet ini pertama kali ditemukan oleh Urbain Le Verrier pada tanggal 23 September 1846.

Masaneptunus adalah 10,234 X X10X10 kg. atmosfernya terbuat darihydrogen (80%) dan helium (19%) , serta sedikit metana  sehingga Neptunus tampak sebagai planet biru.Neptunus memiliki angin dengan tiupan terkuat dalam tata surya, yakni dengankecepatan 2.100km/jam. Suhu neptunus mencapai -218°C, sehinggaia menjadi planet dengan suhu terdingin di tata surya kita. Sementara itu suhuinti Neptunus mencapai 7000°C. bagiandalam neptunus dibangun oleh batu dan logam meleleh yang dikelilingi olehcampuran batu, air, ammonia dan metana.
Pada tahun 1989, bintik hitam besar pada neptunus ditemukan oleh pesawat ruang angkasa NASA Voyagerpeng Eurasia. Scooter, badai neptunus yang lain, berupa sekelompok awan putih yang berada lebih jauh keselatan dari hitam besar, juga berhasil direkam oleh Voyager. Mata wizard atau bintik hitam 2 juga ditemukan.
Neptunus tidak pernah dapat dilihat dengan mata telanjang dari bumi. Dengan menggunakan teleskop, neptunus akan tampak seperti piringan biru kecil. Neptunus memiliki 13 satelit, dimana triton, satelit terbesarnya ditemukan oleh William Lassell, 17 hari setelah neptunus ditemukan. Triton adalah benda terdingin dalam tata surya, dengan suhu -235°C. pada tahun 1989 proteus, satelit neptunus kedua ditemukan oleh Voyager2. Satelit-satelitnya yang lain yaitu Naiad, Thalassa, Despina dan Galatea.



0 komentar

Post a Comment