Saturday, May 31, 2014

apa saja dampak negatif dan dampak positif dari media sosial ?

Dunia maya sekarang ini merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari peradaban manusia. Dimana media elektronik dalam jejaring computer yang sering digunakan untuk berkomunikasi satu arah maupun timbal balik (secara online) oleh kebanyakan orang. Dewasa ini banyak sekali orang-orang dari berbagai kalangan yang mengandalkan internet sebagai satu upaya untuk mencari hiburan, mencari teman, mencari informasi, dan sebagainya. Dengan internet kita dapat mengakses berbagai macam media seperti Instagram, Twitter, Path, Facebook, Line, Whatsapp. KIK, WeChat, KakaoTalk, Friendster, Myspace, Youtube, dan sebagainya. Dengan dunia maya kita dapat menemukan informasi,pengetahuan dan lain sebagainya yang bisa memudahkan kita dalam berkomunikasi.Namun disisi lain dunia maya juga membawa dampak negative yang bisamenjerumuskan kita kedalam kejahatan seseorang. Untuk itu kita mengetahuidampak positif dan dampak negative dari dunia maya sebelum menggunakannya.
Dampak positif dari dunia maya memang sangat memberikan kemudahan bagi manusia itu sendiri baik itu dalam bidang bisnis, pengetahuan, informasi, dan lain sebagainya. Misalnya saja kita menggunakan facebook, dengan facebook kita dapat bertukar pikiran dengan semua orang yang sudah menjadi teman kita dan bisa berkomunikasi dengan komunitas yang didalamnya  terdapat orang-orang yang sesuai dengan hobi kita, pikiran kita maupun orang-orang yang sesuai dengan selera kita. Selain itu, dunia maya memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan dengan teman-teman lama kita yang mungkin sudah lama sekali tidak bertemu, dimana teman tersebut kadang-kadang sering berganti-ganti nomer HP. Selain itu dengan dunia maya, kita dapat berteman dengan orang-orang diberbagai belahan dunia, jadi pertemanan sudah tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.
Adapun dampak negative dari pertemanan lewat dunia maya, antara lain banyaknya penipuan yang terjadi di dunia maya dengan berbagai modus  seperti modus investasi, kerja sama, maupun yang bermodus toko online. Misalnya saja Kasus selly. Dengan paras cantiknya, Selly dapat menipu banyak orang melalui facebook dengan cara memberikan janji manisnya.Korban di iming-imingi pendapatan yang sangat menggiurkan hanya dengan melakukan bisnis pulsa. Dan masih banyak lagi penipuan-penipuan yang tidak saya sebutkan. Selain itu, ada juga kekerasan yang bermula dari penggunaan dari dunia maya itu sendiri. Selain itu, dunia maya dapat menjadikan pribadi yang anti-sosial, susah bergaul dengan orang-orang di dunia nyata, dan lain sebagainya. Sebenarnya dalam kehidupan nyata kita dapat menjadi seseorang yang anti-sosia. Hal ini dapat terjadi karena kita terlalu fokus dengan dunia maya kita. Di saat kita sedang bersama sahabat terdekat kita, kita malah lebih asik dengan gadget kita masing-masing untuk mengobrol dengan teman kita yang lain yang ada di dunia maya. Disaat dengan keluarga kita, kita malah asik bermain gadget berbicara dengan teman kita yang lainnya lagi. Hal ini sebenarnya membuat kita menjadi jauh dengan teman-teman, keluarga dan sahabat kita di dunia nyata.
Untuk menghindari kejahatan-kejahatan dunia maya maka kita harus berhati-hati dengan sebuah janji manis bila ada seorang teman belum kita kenal di dunia nyata dan bukan berarti menutup diri, tapi ini semua untuk kebaikan kita supaya tidak terjerumus kedalam kejahatan tersebut.
Setelah kita pahami dampak positif dari dunia maya yang diantaranya membuat komunikasi tidak terbatas oleh ruang dan waktu , dan dampak negative dari penggunaan dunia maya terjadinya kejahatan-kejahatan seperti penipuan dan kekerasan, maka kita harus berhati-hati dalam menggunakan dunia maya tersebut dan bukan berarti kita menutup diri dari dunia maya.



0 komentar

Post a Comment