Sunday, May 4, 2014

apa itu Astronomi ?

Astronomi (ilmu perbintangan)
Astronomi ialah pengetahuan tentang benda-benda langit seperti bintang, planet, komet, dan galaksi dan fenomena yang terjadi diluaratmosfer bumi seperti radiasi belakang kosmik. Pengetahuan ini melibatkanevolusi, ilu fisika, kimia, meteorology dan gerak benda-benda langit sertasusunan dan perkembangan tata surya. Astronomi meliputi astronometri, navigasibenda langit, pembuatan kalender dan astrologi. Para  ahli astronomi dewasa ini dikenal dengan namaastrophysics.
Sebelum alat-alat untuk menyelidiki benda langit ditemukan, seperti teleskop, orang menggunakan bangunan-bangunan tinggi, pohon, dan dataran tinggi untuk melihat benda langit dengan mata telanjang. Kemudian setelah terjadi perkembangan di Mesopotamia, Mesir, Persia, Maya, Romawi, India, China dan dunia muslim, pengetahuan tentang langit pun berkembang. Saat itu bumi dipercaya sebagai pusat tata surya, sementara bulan dan bintang-bintang bergerak mengelilinginya. Hipartchus pada abad ke-2 memperkirakan ukuran dan jarak bulan.
Pada zaman Renaissance, Nicolaus Copernicus mengajukan model Heliosentrik system matahari. Tapi kemudin teorinya diperbaiki oleh Galileo Galilei dan Johannes Kapler. Galileo menggunakan teleskopnya sendiri untuk mengamati bintang. Kapler ialah orang pertama yang menjelaskan secara detail gerak planet-planet dengan matahari sebagai pusatnya, tapi ia gagal dalam perumusan. Setelah itu, Newton dengan temuan hokum gravitasi dan dinamika benda-benda langitnya akhirnya dapat menjelaskan gerak-gerak planet. Catalog bintang selanjutnya dibuatoleh William Herschel, sehingga ditemukannya planet pertama pada tahun 1781, planet Uranus. Selama abad ke-19, perdebatan sering terjadi menanggapi pendapat Euler, Clairaut dan D’ Alertmbert yang meramalkan gerak bulan dan planet-planet yang lebih detail, hingga munculnya Lagrange dan Laplace yang menggunakan massa planet dan bulan. Keberadaan galaksi bumi, Milky Way sebagai kelompok bintang terpisah dibuktikan pada abad ke-20, bersamaan dengan ekspansi ke tata surya, luar galaksi, black hole, dan bintang-bintang.
astronomi dibagi menjadi 6 yaitu :
  1. Mempelajari radiasi dengan panjang gelombang lebih besar dari 1 mm. benda-benda yang dapat diamati melalui panjang gelombangnya antara lain supernova, gas antar bintang, pulsars, inti galaksi aktif.
  2. Astronomi infra merah adalah berhubungan dengan deteksi dan analisis dari radiasi infra merah. Astronomi ini cocok untuk mengamati galaksi yang ditutup oleh debu, dan untuk mempelajari gas gas molekul (seperti saat mengamati Maunekea dengan teleskop Subaru).
  3. Astronomi optic disebut pula astronomi sinar tampak, untuk mengamati ultra violet dan radiasi di dekat infra merah.
  4. Astronomi ultra violet adalah untuk mengamati panjang gelombang ultra violet dan mempelajari radiasi thermal dan nebula planet.
  5. Astronomi sinar X, pengetahuan tentang benda benda astronomi pada panjang gelombang sinar X, untuk mengamati pulsars, begian kecil supernova, galaksi, kumpulan galaksi, dan inti galaksi aktif.
  6. Astronomi sinar gamma adalah astronomi yang menggunakan panjang spectrum elektromagnetik paling pendek, bisa digunakan untuk mengamati bintang neutron, bakal black hole dan inti galaksi.
Daerah astronomi untuk benda benda astronomic tertentu antara lain :
ü  Solar astronomi yang mempengruhi matahari.
ü  Ilmu pengetahuan planet yang mempelajari susunan planet, bulan, asteroid, komet, dan planet-planet kecil dengan memakai pesawat ruang angkasa. Dengan ilmu ini, diketahui terdapat dust devil di Mars seperti tornado, awan oort, sabuk kuiper dibelakang neptunus, kandungan dalamk planet-planet dan lain-lain.
ü  Stellar astronomi adalah mempelajari bintang dan evolusinya dalam tata surya.
ü  Astronomi galaksi adalah mempelajari orbit tata surya di dalam Milky Way. Dalam Milky way (galaksi bima sakti) terdapat bijih berbentuk batangan ditengah-tengahnya dengan nama black hole raksasa.

ü  Ekstragalaktik astronomi adalah mempelajari susunan dan evolusi galaksi serta morfologi dan pengelompokan galaksi yang masih aktif. Galaksi biasanya dibedakan menurut bentuknya, yaitu spiral, elips, dan tak beraturan. Milky way dan Andromeda adalah galaksi yang berbentuk spiral.

0 komentar

Post a Comment