Monday, April 21, 2014

samudera Hindia

Samudra hindia
Samaudra india di kenal juga dengan nama samudra Hindia atau samudra Indonesia . Samudra India adalah samudra terbesar ketiga di dunia yang menutupi permukaan air bumi. Samudra india mempunyai luas 68.556 juta km meliputi laut Andaman, Laut Arab, Teluk Bengal, Great Australian Bight, TelukAden, Teluk Oman, saluran Mozambique, teluk Persia, laut Merah, selat Malaka,dan lain-lain yang masih dekat dengan area area yang sudah saya sebutkan tadi.
Samudra India di batasi oleh Asia Selatan di sebelah utara. Jazirah Arabia dan Afrika di sebelah barat. Semenanjung Malaka, Indonesia, dan Australia di sebelah timur. Dan samudra selatan disebelah selatan. Titik terendah samudra india berada di palung jawa, dengan kedalaman 7.258 m.

Volume air samudra ini mencapai 292.131.000 km kubik. Iklim di samudra ini dipengaruhi oleh angin muson dan tornado. Sirkulasi air dalam dikontrol oleh air yang mengalir  yang masuk dari samudra Atlantik., laut merah dan arus Antartika sehingga suhu samudra berkisar antara 22-40 derajat selsius.

0 komentar

Post a Comment