Saturday, March 29, 2014

Arus kuroshio dan oyashio



                Arus kuroshio adalah arus samudra terbesar ke dua di dunia yang ditemukan di samudra pasifik sebelah barat hingga ke pantai timur Taiwan, mengalir ke timur laut melewati jepang, dan muncul bersama dengan aliran timur arus Pasifik Utara. Kuroshio berarti sungai hitam yang juga di kenal dengan arus Jepang. Aliran arus ini dibatasi oleh arus Pasifik Utara di sebelah utara, arus California di sebelah timur, arus equatorial di sebelah selatan. Setiap tahun, arus Kuroshio membawa sekitar 5,2 juta ton uranium konsentrasi tinggi. Air hangat dari arus Kuroshio dapat mempertahankan tebing-tebing koral Jepang, tebing-tebing koral paling utara dunia, serta meningkatkan industry perikanan Jepang.
                Arus oyashio yang juga dikenal dengan nama Oya Siwo atau Aurkurile merupakan arus samudra sub artik yang mengalir ke selatan searah gerakan jarum jam di Samudra pasifik utara sebelah barat. Arus Oyashiobertabrakan dengan arus Kuroshio di pantai sebelah timur jepang sehingga membentuk aliran arus Pasifik utara. Air dari arus oyashio berasal dari  samudra artik dan mengalir ke selatan  melalui laut bering. Aliran ini menghasilkan pengaruh penting bagi iklim Rusia, khususnya di Kamchatka dan chukotka. Air arus Oyashio kaya akan nutrisi, menyimpan sangat banyak ikan serta bisa membentuk air pasang yang sangat tinggi di beberapa area sehingga meningkatkan keberadaan nutrisi air laut. Akan tetapi, arus Oyashio juga dapat menyebabkan Vladivostok sebagian pelabuhan yang letaknya tepat di garis katulistiwa mengalami beku musiman dan memerlukan kapal pemecah es untuk mempertahankan jalur laut agar tetap terbuka selama musim dingin.
Arus teluk
                Arus teluk (gulf stream), bersama dengan arus Atlantik utara adalah arus Samudra Atlantik yang kuat, hangat dan mengalir cepat yang berasal dari Teluk Mexico, melewati Selat Florida, dan mengikuti garis pantai sebelah timur Amerika Serikat dan New Foundland sebelum menyeberangi Samudra Atlantik. Pada posisi 30 derajat di barat dan 40 derajat di selatan, arus ini terpecah menjadi dua , dimana aliran timur  menyebrangi eropa utara, sementara aliran selatan berbalik arah ke afrika barat. Arus teluk mempengaruhi iklim di pantai timur amerika timur dari florida hingga new foundland dan pantai eropa barat.
                Arus teluk pertama kali diperkenalkan oleh Benjamin  Franklin pada tahun 1786 sebagai arus kuat diakibatkan oleh tekanan angin. Arus teluk mengalirkan panas sebanyak 1,4 petawatt, air sebanyak 30 juta kubik meter per detik. Arus teluk ini juga dipercaya sebagai penyebab hilangnya kapal-kapal laut dan pesawat terbang yang sedang berada di daerah segitiga Bermuda.
laut
                laut adalah air asin luas yang berhubungan dengan samudra, atau danau asin yang luas. Banyak laut berupa laut tepi, dimana arus air disebabkan oleh angin dari samudra. Laut lainnya berupa laut Mediterania dimana arus air disebabkan oleh perbedaan antara tingkat keasinan dan suhu.
                Ada 9 lautan di dunia saat ini yaitu :
·         Laut Adriatik
·         Laut Aegean
·         Laut Arab
·         Laut Hitam
·         Laut Kaspia
·         Laut India
·         Laut Mediterania
·         Laut Persia
·         Laut Merah
Lunar Maria adalah dataran laut bersifat laut di bulan yang dikenal sebagai laut oleh para Astronomer.

0 komentar

Post a Comment